Jumat, 17 Mei 2013

Bendera Negara ASEAN #1


1.  INDONESIA

Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di Dunia. Memiliki 5 pulau besar dan ribuan pulau kecil yang tersebar dari Sabang hingga Merauke, dari Talaud ke Pulau Rote. Tak heran bila Indonesia terkenal dengan sebutan “Untaian Zamrud Khatulistiwa”. Indonesia adalah paru-paru dunia. Negara yang beribukota di Jakarta ini merdeka 68 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 17 Agustus 1945. Indonesia kaya akan budaya, antara lain Wayang, Reog Ponorogo, Tari Saman, Batik, Gamelan, Tari Tor-Tor dan lain sebagainya. Alat Musik Sasando dari NTT juga aset kekayaan Indonesia yang tak ternilai harganya.

Indonesia dipimpin oleh seorang presiden. Bahasa resminya Bahasa Indonesia. Lagu Kebangsaan Indonesia adalah Indonesia Raya yang merupakan ciptaan dari WR. Supratman. Mata uang yang digunakan berupa Rupiah. Ini kusajikan sebuah lagu yang mengisahkan tentang betapa indahnya Indonesia yang kita tempati saat ini.


KOLAM SUSU
Bukan lautan hanya kolam susu
Kail dan jalan cukup menghidupimu
Tiada badai tiada topan kau temui
Ikan dan udang menghampiri dirimu

Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkat kayu dan batu jadi tanaman.
Orang bilang tanah kita tanah surga
Tongkah kayu dan batu jadi tanaman


2.     MALAYSIA

Malaysia merupakan negara tetangga Indonesia. Negara yang beribukota di Kuala Lumpur ini merdeka pada 31 Agustus 1957 dan dipimpin oleh Sultan. Bahasa resminya Melayu.  Mata uang yang digunakannya Ringgit. Malaysia mempunyai kebudayaan yang beragam pula, antara lain Tari Inang, Ukiran Kayu, Tenun.  Lagu kebangsaan Malaysia adalah Negaraku, biasa dinyanyikan dalam acara-acara resmi kenegaraan.

3.     BRUNEI DARUSSALAM


 

Negara ini berada di Pulau Kalimantan dan beribukota di Bandar Sri Begawan. Merupakan negara penambang emas. Mata uang yang digunakan adalah Dolar Brunei. Negara yang merdeka pada 1 Januari ini memiliki kesenian berupa Keranjang, Tikar, Tenun dan lain sebaginya. Lagu kebangsaan Brunei Darussalam adalah Pujian Untuk Sultan. Bentuk negaranya kerajaan dan dipimpin oleh Sultan.

4.     SINGAPURA



Singapura merupakan negara kecil di sebelah barat Indonesia. Ibukota yang beribukota di Singapura ini dipimpin oleh seorang Presiden dengan lagu kebangsaan berjudul Majulah Singapura. Masyarakat Singapura menggunakan Bahasa Cina sebagai bahasa resmi, dan bahasa Tamil sebagai bahasa pergaulan sehari-hari. Negara yang merdeka pada 9 Agustus 1965 memiliki kesenian drama, Perak, dan Tari. Tempat yang terkenal di Singapura adalah patung Singa yang memancarkan air mancur.


5.     FILIPHINA











Filipihina merupakan negara kepulauan di Asia Tenggara selain Indonesia. Negara yang beribukota di Manila ini memilki 2 pulau besar. Bahasa resmi Filiphina adalah Tagalog. Filiphina yang dipimpin oleh Presiden ini terbebas dari penjajah pada 12 Juli. Keseniannya meliputi tenun, ukiran, tembikar, tari singkil. Negara yang mempunyai lagu kebangsaan Tierra Adorad ini menggunakan mata uang Peso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar